Rabu, 28 September 2011

Tips Sukses Persiapan Pernikahan


Event Organizer (EO) dalam sebuah paket pernikahan. Untuk itu berikut ini beberapa tips untuk Anda agar rangkaian acara pernikahan bisa lancar dan berjalan sukses:
1. Anggaran. Anggaran merupakan satu faktor yang sangat vital dalam penyelenggaraan acara. Sebaiknya Anda selalu mendasarkan hal-hal dalam acara pernikahan berdasarkan alokasi anggaran yang telah anda tetapkan. Untuk itu faktor yang memegang peranan dalam keefektifan penggunaan anggaran adalah dengan survey. Survey bisa dilakukan dengan bertanya kepada rekan ataupun datang ke lokasi, baik tentang gedung, katering, tata rias, dll.
2. Panitia Pernikanan. Pembentukan panitia sebaiknya melibatkan pihak-pihak baik dari keluarga mempelai pria, mempelai wanita juga pihak tetangga. Hal ini akan mencairkan hubungan awal yang masih kaku dan dingin antar 2 keluarga. Susunan kepanitiaan idealnya terdiri atas ketua, bendahara, sie dokumentasi, sie acara, sie logistik, sie konsumsi dan sie transportasi. Pilihlah orang-orang yang berkompeten dalam bidang-bidang terkait. Lakukan rapat panitia minimal 3 kali, yaitu 1) pembentukan panitia dan penugasan awal, 2) Konsolidasi Progres dan Kendala Persiapan 3) Pemantapan, biasanya dilakukan 2 hari sebelum hari-H
3. Sebarkan Undangan Dengan Jitu. Tentukan jumlah dan sebaran undangan secara merata, dengan menentukan persentase untuk pihak keluarga mempelai wanita, mempelai pria, teman-teman Anda (kantor/kuliah) dan tetangga. Pemilihan desain undangan sebaiknya tidak perlu terlalu mewah tapi yang paling penting adalah elegant namun tetap santun.
4. Jumlah Makanan Dengan Tepat. Pemesanan makanan mengambil persentase budget Anda paling besar. Cobalah berkonsultasi dengan pihak katering untuk mengeset menu makanan sehingga tidak akan kurang maupun tidak mubazir. Biaya katering bisa dimainkan dan diatur dari parameter jumlah porsi, jumlah bufe dan jumlah gubug.
5. Seragam. Hal ini perlu Anda persiapkan dengan baik sesuai dengan jumlah panitia yang ada. Untuk keefektifan anda bisa bagi bahan seragam untuk panitia dan keluarga (saudara kandung Anda)
6. Waktu dan Lokasi (Rumah/Gedung). Penentuan waktu sebaiknya anda diskusikan dengan orang tua dan kerabat untuk menentukan hari baik. Namun penentuan waktu juga sebaiknya pada hari libur sehingga memudahkan para tamu undangan untuk menghadiri acara pernikahanAnda.Penentuan lokasi dapat di gedung ataupun di rumah Anda, disesuaikan dengan budget dan jumlah tamu undangan. Kemudahan parkir bagi tamu adalah faktor tambahan yang akan menambah kesuksesan acara pernikahan Anda. Apabila Anda akan menyewa gedung, sebaiknya jauh-jauh hari, setidaknya 6 bulan sebelumnya.
7. Souvenir. Penentuan Souvenir sebaiknya didasarkan pada budged dan faedah kegunaannya. Souvenir yang memiliki faedah kegunaan biasanya akan disimpan atau bahkan digunakan, namun souvenir yang tidak memiliki faedah kegunaan biasanya akan dilupakan begitu saja.
8. Tata Rias. Pemilihan penata rias harus tepat dan cermat. Hal ini mengingat bahwa Andalah sebagai Point Of Interest dalam Acara tersebut, sehingga semua mata akan tertuju kepada Anda dan pasangan Anda.Untuk ketepatan pemilihan penata rias, sebaiknya anda melihat track record-nya, melalui foto-foto koleksinya. Tidak ada salahnya anda meminta pertimbangan dari banyak sumber di sekeliling anda, walau keputusan tetap di tangan Anda berdua.
9. Perlengkapan Teknis. Perlengkapan teknis mencakup perlengkapan teknis di rumah (ketika malam acara) atau di masjid (ketika akad nikah berlangsung) dan perlengkapan teknis di gedung/tempat resepsi. Pastikan sie logistik telah melakukan pengecekan di H-1.
10. Dokumentasi. Dokumentasi terdiri atas fotografi dan kamera video. Untuk keefektifan budget anggaran anda, pilihlah dokumentasi fotografi sebagai yang utama dan video sebagai tambahan. Mengapa? Karena pada prakteknya, video biasanya hanya disaksikan 1-2 kali secara bersama-sama dengan keluarga besar (harus dengan media DVD/VCD, sehingga kurang praktis) , sedangkan hasil foto aka selalu Anda buka dari album bahkan Anda pajang di ruang keluarga Anda.
11. Istirahat dan Minum Vitamin. Yang terkahir adalah jagalah kondisi fisik anda dengan banyak istirahat dan minum vitamin. Karena setelah persiapan acara pernikahan yang panjang tersebut anda masih harus menjadi ‘Raja dan Ratu Sehari’, untuk menjamu dengan tamu undangan yang hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar