Jumat, 26 Agustus 2011

Hidup Sehat ala Tio Kim Poy

Siapa tuh Tio Kim Poy??
Dia bukan orang korea, juga bukan orang cina yang maen jadi Tio Buki di Pangeran Menjangan, tetapi orang Indonesia yang kulitnya putih.
mungkin kita menyebutnya orang keturunan Cina.
Apa sih yang istimewa dari seorang Tio Kim Poy?
begini awal mula ceritanya, tadi siang di pegadaian aq melayani niy bapak menggadaikan barangnya di sana. Kemudian dia bercerita, bahwa dia seorang wirausaha di bidang makanan, tepatnya ayam bakar Kim Poy di daerah sengkaling Malang. dia mempunyai kepercayaan, bahwa dalam sehari hanya boleh buka usaha makanan selama 3 jam.
Loh kenapa? menurut kepercayaan Pak Tio Kim Poy, kalau itu dilanggar maka semuanya akan buyar (dalam artian tidak sukses).
Dimana letak hidup sehat ala Tio Kim Poy?
dia tidak pernah berolahraga (sama sekali tidak pernah)
dia tidak pernah jalan-jalan di pagi hari (males katanya)
tapi, di usianya diatas 70 tahun. Dia terlihat sangat sehat bugar.
wow, hebring deh.
Apa rahasianya?
kata Pak Poy, JAGA MAKANAN itu yang penting.
Kemudian Pak Poy cerita panjang lebar dan bagi-bagi Resep hidup sehat ala Pak Poy:
1. Pak poy tidak pernah MAKAN-MAKANAN CHIENESE FOOD, apalagi fast food.
katanya, makanan chienese food tidak baik di konsumsi. karena, pasti mengandung kaldu dari babi, kepala-ceker ayam, kepala-kaki sapi. itu semua dijadikan kaldu, dan dibuat masak terus-menerus sampai habis. bayangkan kalau kaldu itu kita konsumsi terus menerus, pasti 15 tahun lagi kita kena kanker. itu kata Pak Poy. Apalagi makan-makanan yang dikasih vetsin, tambah mempercepat kanker.
2. Mengkonsumsi SUPLEMEN SEHAT, agar tubuh jadi tahes.
sejak kecil, pak Poy sudah biasa mengkonsumsi suplemen sehat. namun, pak Poy tidak menjelaskan lebih jauh tentang suplemen sehat itu.
3. TIDAK KONSUMSI TELUR HORN, AYAM HORN, DAGING MERAH.
dia tidak pernah sekalipun mengkonsumsi semua jenis makanan yang disebutkan di atas. kata Pak Poy, semua ayam-ayam itu sudah disuntik bahan-bahan kimia, yang tidak baik untuk tubuh manusia. dia menjelaskan, misalnya ayam horn dipotong pagi hari beratnya 3/4 kg, nanti jam satu siang berat tubuh ayam mati tersebut akan jadi lebih berat jadi 1 kg. istilahnya mengembang atau makin gemuk. ayam sudah mati, kok tambah berat ya.
kosumsi daging merah, pak Poy juga tidak mau, kata pak Poy di Indonesia banyak daging selundupan dari luar negeri. banyak daging yang rusak-rusak di ekspor ke Indonesia, termasuk hewan-hewan yang terkena penyakti, entah itu sapi gila ataupun yang lain. sayangnya, orang indonesia banyak yang tidak tau. sejak lama, sudah ada daging-daging selundupan dari luar yang masuk indonesia.
untuk ayam pak poy konsumsi AYAM KAMPUNG dan TELOR KAMPUNG.
4. TIDAK MAKAN BAGIAN DALAM HEWAN (JEROAN)
di luar negeri bagian dalam hewan seperti hati, rempelo, babat, usus, jantung, otak, limpa, kepala, ceker, dst, tidak di makan. malah bagian-bagian sampah itu di ekspor ke Indonesia. semua jeroan-jeroan itu tidak baik bagi tubuh. tetapi, di indonesia semua bagian itu jadi makanan lezat, cobain tuh sambel goreng ati. enak tuh,, eits,,
5. TIDAK MINUM SOFT DRINK, MINUMAN YANG MENGANDUNG PENGAWET (spt, Mizone, seven up, teh kotak,dll) & AIR MINERAL KEMASAN
Pak Poy hanya minum Teh dan kopi yang dimasak dari air biasa. dia tidak mau, minum-minuman yang mengandung karbonasi atau bahan pengawet. katanya itu juga bahaya bagi tubuh.
6. MAKAN-MAKANAN YANG ALAMI
mengkonsumsi makan-makanan yang masih alami, di atas sudah disebutkan kalau Pak Poy konsumsi AYAM KAMPUNG dan TELUR KAMPUNG, doyan makan nasi pecel, urap-urap, dan makan-makanan sehat lainnya.
Itulah sedikit TIPS dari Pak POy. duh jadi ngeri juga ya, aq kan suka banget tuh ama semua pantangan pak Poy. apalagi Fast food, enak sih. kalau kayak gini, jadi kepikiran: mau makan apa ya???
Makasih, buat Pak Poy atas tips-tipsnya di atas. masih sempet2nya ya, pak Poy gadaikan barang sambil cerita-cerita gitu. abis denger itu, bu Tari (manajer pegadaian) makan siang beli nasi pecel. jadi ketawa niy aq,, hahahaahahahahahaha,,,, ;p

dari seseorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar