Minggu, 27 November 2011

Catatan Kehidupanku dalam Tuhan





Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: "Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya." (Markus 9:35)



BIOTA
  •  Nama : Jepri Reyekerts
  •  Sapaan : Kak Rey
  •  Tempat/tgl lahir : kupang13 Juni 1984
  •  sunday school teacher
  • GKI Maulana Yusuf · September 2010 hingga sekarang · Bandung
  •  Photographer


saya lahir di keluarga yang memulai segalanya dari Nol bahkan trebilang susah, aku anak Pertama dari 3 sodara perempuanku, kehidupanku sangat dekat dengan keluarga maklum aku adalah anak laki laki terakhir dari silsila keluarga mamaku yang berasal dari Pulau sabu NTT. nama Reyekets itu adalah nama kakekku alias ayah dari mamaku. dan kenapa bisa namaku yang dari Jepri Reykerts menjadi Rey. dulu aku sempat pacaran dengan sebut saja "X" krna dia keturuan Cina dan sedikit ribet memangil namaku jadi di pengal menjadi Rey kedengarannya berbau oriental dan sebagai tanda cinta aku buat dia. walau kami sudah putus selama 6 tahun lebih namun aku tetap mengunakan nama Rey sebagi namaku. kalau Epi itu adalah nama yang cuma orang orang tertentu yang memangilku dengan nama itu, sperti keluarga dan teman teman masa kecilku. epi itu dari Jepri.. sedangkan Jepri itu adalah inisial nama orang tuaku yaitu Jeremias dan Apriana di singkat Jepri.

Waktu kecil saya adalah seorang anak yang pemalu mengenal dunia pelayanan Gereja dari mama yang seorang penyanyi di paduan suara, mulai dari sering di ajak mamaku latian menyanyi sampai aku pun terjun di salah satu paduan suara anak anak lewat perlombaan yang di adakan gereja setiap hari natal

waktu SD.. PADUAN SUARA Talitakum Gereja Timur Timor Hosana Dili
ini lah foto sewaktu aku mengikuti paduan suara, umurku masih belia pada saat itu aku masih SD. namun dengan bertambanya umur dan semakin memahami pangilan aku kemana. dan setahun yang lalu aku memutuskan untuk bergabung dengan dunia SEKOLAH MINGGU di salah satu Gereja di kota Bandung

camp GSM MY

Buat aku mejadi guru sekolah minggu sangatlah Susah dan kadang kadang  mudah, bener aku datang dari dunia yang jarang berjumap anak anak yang kadang rewel atau ributt... aku selalu menemui teman - temanku yang seumuran untuk ngumpul dan membicarakan hal hal pria yang kadang kadang mungkin tidak akan pantas di dengar ole anak anak.
kk rey di STT Malang
pelayanan yang sering aku ikuti sejak dulu ternyata membuat aku lebih nyaman di dunia pelayanan itu sendiri. membuat kehidupanku, mungkin yang sering teman temanku bilang "Munafik" lebih banyak memikirkan bagaimana menjadi pribadi yang jauh lebih baik dalam segala hal, walaupun terkadang aku berfikir kalau pelayanan tidak sama denga apa yang difikirkan orang orang. setelah terjun ternyata banyak hal yang kadang membuat aku berfikir untuk mundur dan menghilang

namun itulah nimatnya kehidupan pelayanan di saat kita mendapat suatu perbedaan dalam hal hal atau terbawa permasalahan pribadi ke dalam pelayanan atau mungkin menghadati orang - orang yang kadang membuat kita emosi dan melupakan apa itu pelayanan dan pelayanan itu untuk siapa..

aku selalu menyimpan semua itu di dalam hati, dan selalu menjadi bumerang untuk aku sendiri di tamba pergumulan pribadi.. dan akhirnya meledak Doorrr...!! namun yang buat saya bersukur yaitu saya menemukan sesosok ayah buat saya untuk menunduk malu bila mana saya ingin melakukan hal konyok di kehidupan saya

Pdt. Roy Alexander Surjanegara

Namanya adalah Pdt. Roy Alexander Surjanegara, pendeta GKI  Maulana Yusuf Bandung, buat saya bliau ini adalah seorang yang baik, ramah dan seorang ayah yang baik. aku pernah  tidak membayar uang seragam sekolah minggu dan uangnya aku pake untuk kebersamaan bersama seluru Keluarga GKI Maulana Yusuf, kenapa aku melakukannya. karna di sana ada Pak Roy dan keluarga. aku sangat mengagumi bliau kadang kalau ada Ibada yang di pimpin oleh pak Roy aku selalu mendengarkan dari awal sampai akhir. walau Hotba pak Roy simpel namun cukup padat dan bermakna


kesan pertama waktu aku konseling dengan bliau, pertamanya juga cangung dan malu bahkan aku sms juga mikir. sms apa yah...? dengan terpaksa aku sms saja dan pada saat itu nunggu sms lama bgt dan ternyata pak Roy sedang pelayanan di cimahi


aku masih ingat waktu aku masih tugas di kelas F dan saat itu kelas F tugas untuk persembahan pujian di Ibada jam 10 di sana juga ada Pak Roy yang memimpin jalannya Ibada. saat itu rambutku, bergaya Mohak (dan sangat tidak pantas untuk seorang guru namun karna aku orangnya selalu mengikuti naluri jadilah dengan kata lain  LAGI PGN AJA)


Pak roy senyum liat model rambutku dan di saat itu aku berkata dalam hati " Oh My God rambutku kunyol... " dan akhirnya aku gunting pendek. setelah melewati fase yang penuh pergumulan. karna dalam hati mengatakan " pak Roy itu pendeta lah kalau aku mengaguminya dan mengagapnya ayahkmu jadi harus jangan buat malu dia.."

dengan pemikiran itu aku mulai sedikit demi sedikit untuk menata kehidupanku untuk rencanaku tahun 2012 mengikuti pangilanku. orang orang selalu bilang " apa sudah siap Rey..?" dan hatiku menjawab " cuma Tuhan saja yang mengetahui kesiapanku dan sekrang aku ingin menjalani apa yang hari ini aku hadapi "


kk Yan dan kk Rey
Berfoto dengan mentorku, dia adalah Guru sekolah minggu GKI Guntur Bandung, namanya Yannie Sinaga. pertemuan kami terjadi di mana aku mewakili GKI Maulana Yusuf ikut Kebersamaan Guru Sekolah Minggu se Bandung. kami semobil menuju Cimahi selama perjalanan saya mencoba mengakrapkan diri saya dengan rekan keran seplayanan. sangat cangung awalnya, soalnya dalam satu mobil saya di kelilingi ibu ibu dan salah satunya Kak Yan. 


dia sangat memberi pengaru baik buat perjalanan pelayanan saya sebagai guru sekolah minggu, lewat sapaanya setiap pagi di Facebook dan tulisannya.


Aku juga lebih bersikap dewasa dan bijak untuk menghadapi anak anak. yang saya sangat berkesan buat saya adalah saat saya terjun ke dunia pelayanan dan saya mengetahui sejarah berdirinya sekolah minggu dan Kak Yan, menulis kisahnya untuk saya baca. di saat itu saya baru sadar ternyata sebegitu baiknya orang orang dulu merintis sekolah minggu. 
inilah pelayanan yang mulia dimana kita bisa memahami apa Tujuan Allah untuk kita lakukan di dunia ini.


Ute dan Teddy
saya selalu S'tuju bahwa pelayanan cuma untuk Tuhan dan kita bukan manusia sempurna. garis besarnya dari komentar sahabatku Teddy yang selalu jujur terlontar dari mulutnya setiap evaluasi atau persekutuan pemuda di gereja. mereka berdua adalah pasangan yang paling romantis buat aku. bahkan aku belajar banyak untuk meredam gejolak rasa ingin punya pacar sebelum aku merasa siap.
buat aku Teddy adalah teman yang menyenangkan untuk ngobrol, aku sempat ngobrol dan mendengarkan dia bercerita. bahkan kami kalau ketemu di gerja suka memberitahukan lagu yang lagi In.




Richard santoso lau ( Ichi)

Dia adalah salah satu sahabat dan teman terbaiku yang sama sekali belum bertemu muka, kami berkenalan di Frinedster dan akhirnya berlanjut di Facebook sudah hampir 5 tahun lebih aku sering bertukar pikiran bahkan dia memberi masukan untuk menjadi seorang pria yang benar benar dimata Tuhan, "Lenyap tak berarti hilang Diam tak berarti lupa Jauh tak bearti putus Karena diantara kita ada satu ikatan yang tak pernah hilang yaitu persahabatan " itulah makna persahabatan kami dan di awal persahabatan kami dan sebagai ucapan sukurku, sempatku buat satu cerpen untuknya "Persahabatan Ichi dan echa (Amsal 18:24)" 

satuhal yang selalu ku ingat yaitu perkataanya " kalau galau jangan lama lama" heheheh...



Namanya Tio dia Ketua Natal MGKI 2011
dia salah satu teman pelayanan yang membuatku kagum dan memutuskan untuk lebih giat lagi membaca Alkitab. kami perbedaan umur kami jauuu sekali dalam pemahaman Alkitab. dia adalah seorang yang sangat memahami Alkitab dan pemahamannya sudah hampir dengan pemahaman Mahasiswa Teologia, sempat ingin meminta waktunya tuk sama sama belajar Alkitab yah istilahnya bertukar pikiran, cuma kesempatan itu selalu tidak ada dan kalau ada salah satu dari kami sibuk. apa lagi sudah mau natal pastilah sibuknya sampai ke otak :D..

Namanya Icon mantan ketua Pemuda GKI maulana Yusuf ini adalah fugur pemuda GKI Maulana Yusuf Bandung. banyak cewek cewek yang histeris kalau ada icon. pemikirannya yang simpel ini membuat saya berfikir kalau dia figur seorang pemimpin yang baik buat di contoh anak anak mudah saat ini.








 

Keluargaku
 Keluarga buatku adalah kekuatan buatku untuk mengejar mimpiku lebih jauh lagi, walau aku tidak tau sampai dimana batas kekuatan aku berlari namun aku percaya keluargaku adalah semangat buatku tuk bangkit lagi.

Anne Lukito




Wanita cantik ini adalah sabahat dan juga mentorku, dialah orang pertama di dunia yang aku ceritakan kehidupan peribadiku mulai dari awal aku jatuh dalam dosa dan hingga aku menghadapi dua dunia yang memusingkan ini. salah satu mahasiswi Universitas Surabaya juga membuat aku jadi Artis terkenal di kampurnya dengan menjadikan thesis akhirnya adalah kehidupanku, aku bersukur untuk itu. disanalah aku melai belajar menerima keadaanku dan berfikir untuk berhenti

 Hidup adalah perjalanan terkadang kita tak pernah tahu dimana kita akan berhenti namun Tuhan Yesus selalu menghadirkan orang orang pilihanya untuk menuntun kita kembali kejalanNYA.

  
Dari kecil mamaku adalah pahlawanku dilah yang selalu menolongku dari anak anak yang selalu mengejak atau menghinaku setiap pulang sekolah, bahkan tidak terhitung perngorbanannya untuk perjalanan hidupku, namun terkadang aku suka membalasnya dengan luka dihatinya. yah.. aku tidak mencari alasan namun semenjak keluarga kami menghadapi pergumulan hebat. aku mulai mencari pelarian dan menghancurkan hidupku dan harapan mamaku.


aku pernah mengikuti naluriku tuk pergi dari rumah hanya karena Cinta dan pada akhirnya aku cuma mendapatkan sakit hati. sudah berulang kali aku lakukan dan sudah jutaan uang yang aku hamburkan untuk memuaskan rasa kekosongan hatiku


karna aku cuma berfikir sempit saat itu " aku anak pejabat dan sampai kapan pun akan selalu dapat yang aku mau"





Yoto dan Dian di acar ultaku ke 27th
 Bicara soal ulang tahun, aku paling tidak mau di rayakan dan kedua sahabatku ini berjasa bela belain merayakan ulang tahunku di bandung. dengan datang ke kos dengan mambawa kue lalu mengejutkan aku. itu sangat istimewa bgt buatku. semenjak tidak mendapatkan hal hal yang baik di dalam lembara hidupku aku memutuskan untuk menutup hari ultahku. sampailah di hari ultahku ke 27 th temanku mengejutkan aku dengan pesta kejutan ultah.. menguba pandanganku walau ada segelintir orang yang tidak begitu suka.. tapi buat aku itu sudah luar biasa bgt buatku.


orang tuaku

Ayah ku adalah satu pejabat di salah satu Kantor yang bergerak di bidang saja dan asuransi untuk PNS, dari kecil aku selalu di penuhi kebutuanku maklumlah aku anak pertama dan aku anak laki laki satu satunya. sejak kecil segala mainanku selalu terdepan setiap ayahku keluar kota untuk dinas pasti dia selalu membelikan hadia, salah satunya sepeda yang dulu belum ada anak di Kota Dili memilikinya dan ayahku membelikanya di Bali. aku juga memiliki Nitendo keluaran terbaru dan itu pun di belikan ayahku di bali. bahkan Ulang tahunku ke 6 di rayakan besar besaran dan semua teman pelayanan mamaku dan teman kantor ayahku beserta anak anaknya, kemudian teman teman pelayananku, teman sekolah di tamba teman komplek semua hadir di acara ulang tahunku. aku merasa inilah hidupku yang benar benar tak terlupakan seumur hidup.
itulah masa laluku terkadang cuma itu yang bisa ku ingat dan ku kenang masa masa dimana aku behagia bersama keluargaku membuat semua iri dan pada akhir semua iri padaku..
yang aku ingat dari ayahku, dia selalu memarahiku di muka umum dan terkadang membentakku seolah olah aku ini adalah mesin yang tak punya perasaan. bahkan yang di depan teman - teman kantornya trkadang aku di marahin tuk menunjukan kalau dia adalah seorang ayah yang keras. sehinga banyak aku mengalami penyerangan dari teman -  teman kantor ayahku. sebab itulah aku paling emosi kalau di marain di muka umum seperti di lakukan teman pelayananku dulu. dan mulai saat itu aku ilfil sama dia.. mungkin tindakanku berlebihan tapi aku puny alasan untuk menjaga jarak dengan dia teman pelayananku.

a Momen


Walau aku menjadi mentor dan yang selalu di curhatin orang tentang kisah cintanya bahkan pergumulan cinta meraka sampai urusan Sex, namun aku tidak bisa mempertahankan hubunganku dengan pacar - pacarku dulu, aku selalu menuruti semua kemauannya bahkan akulah yang selalu berkorban sampai aku tingalkan karirku di dunia Tour and Travel demi sebuah cinta
sempat untuk melajang namun aku tingal di tempat yang meronrongku dengan budaya ketimuran bahwa umur 27 tahun harus menika. dan dengan emosi aku menjawab, mengutip hotba Pak Roy
" bahwa tidak selamanya orang yang melajang itu tidak punya pendamping hidup, kita selalu berpatokan kalau orang yang sendiri itu adalah tidak memiliki siapa siapa itulah pemahaman yang salah, pendamping hidup kita selain pacar bisa keluarga kita, sabahat kita atau mungkin hewan peliharaan kita."



BCK 1( BINA KADER Jawa Timur) 



Yang aku ingat di tahun 2009 saat aku memutuskan untuk masuk teologia cuma ingin menolong orang banyak agar tidak bernasip sial sepertiku itu saja. namun kehendak Tuhan berkata lain puji Tuhan dengan kegagalanku itu dan kemudian aku pindah ke Bandung lalu menjadi Guru sekolah minggu selama setahun lebih. menerima banyak kritikan dan seran bahkan aku selalu merasa tidak pantas di hadapan teman temanku atau di hadapan Tuhan Yesus. tiap malam aku selalu berdoa agar aku setiap hari di beri kekuatan untuk membuat orang lain tersenyum bahagia.

Rekan pelayanan GSM di kelas D sekolah minggu GKI Maulana Yusuf

Dulu aku menjadikan sabahat sabahatku adalah Rivalku dan aku berjuang sekuat kuatnya menaikan pamorku di semua orang. dan sempat di awal pelayanan aku dibutakan dan menjadikan pelayanan ada pekerjaan namun sekali lagi seorang Pendeta bermana Pak Roy yang aku kagumi. dia mengisi Persiapan besar memberikan pencerahan "pelayanan Vs pekerjaan " disaat itu aku seperti di tampar tampar dan mengoreksi diriku.. dulu aku selalu merasa minder dan selalu membenci semua orang yang lebih dariku.. itulah aku dulu selalu tidak pernah puas dalam segala hal..yah itulah kehidupan sebagai manusia yang mulai belajar memahami kehendak Tuhan di dalam hidupnya.


pemikranku adalah mungkin Tuhan memberikan aku seperti ini dengan kelebihan dan kekurangan agar aku tidak sombong akan kelebihannya.seperti foto ini sangat sempurna bahkan aku saja naksir dengan wajahku sendiri.. aku berpuasa dan merawat wajahku habis habisan tuk mendapatkan hasil yang maksimal. dan aku sadari bahwa fisik di hadapan tuhan bukanlah hal yang utama melainkan hati.. sempat memaksakan kehendak istilanya uda pas pasan mau di oprasi lalu suntik hormon tapi Puji Tuhan semua itu gagal aku lakukan krna aku kembali di tegur Tuhan..


dan pada akhir saya sadar saya banyak salah sama semua walau ribuan atau ratusan kali saya minta maaf tidak akan membuat keadaan itu kembali baik, saya cuma manusia biasa yang menyayangi sahabat sahabat saya tampa mereka sadari betapa mereka sangat berati buat perjalanan hidup saya.
foto di atas mengambarkan perjuanganku dan tim kami untuk melewati lembah gunung dan perkebunan saat camp kebersamaan di Madiun. aku sadar bahwa setiap perjalanan hidup seseorang ada beberapa orang yang tampa kita sadari menolong kita untuk bangkit lagi melawan hidup yang mungkin bisa membuat kita bunuh diri namun sebagai Anak Tuhan yang selalu percaya bahwa setiap masalah pasti ada solusi dan Tuhan tidak penah jauh dati siapapun dan Tuhan tidak membedakan siapapun dalam Kasih..

Jepri Reykerts (Rey)

Melayani menjadi guru sekolah minggu memang tidak segampang yang dibayangkan. Banyak yang berpikir bahwa menjadi guru sekolah minggu hanya memiliki tanggung jawab mengajak anak-anak bernyanyi, bercerita, atau melakukan berbagai macam kreativitas. Tetapi tugas seorang guru sekolah minggu lebih dari itu. Dia memiliki peranan penting dalam mendidik dan membentuk anak-anak sesuai dengan kehendak dan teladan yang Tuhan Yesus ajarkan.

7 komentar:

  1. bisa minta nomor hp nya pak pendeta roy?? hehe

    BalasHapus
  2. BOLEH :)) tapi ke gereja aja. beliau selalu ada :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi saya ada dimalang. kalo boleh berkenan, sms aja di 0852 2186 2374 mengenai nomor hp pak roy :) makash

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. oke deh nani saya hubungi.. ^^ sorry yah kalau saya baru sempat bales..

    BalasHapus
  5. Sungguh luar biasa perjuangan pak rey
    Pak rey boleh minta sosmed nya
    Bm atau fb atau wa
    Biar bisa curhat dengan bapak tentang firman Tuhan
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. Sungguh luar biasa perjuangan pak rey
    Pak rey boleh minta sosmed nya
    Bm atau fb atau wa
    Biar bisa curhat dengan bapak tentang firman Tuhan
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus