Jumat, 04 November 2011

Olaraga Yoga di pagi Hari


5 posisi yoga untuk pagi hari Apabila anda bangun pada pagi hari dan merasa sangat malas sekali, ada 5 posisi yoga yang dapat memberikan semangat untuk sepanjang hari. Lisa Black, senior instruktur di Baptiste Power Vinyasa dan pemilik Shakti East dan Shakti West di Washington State mengatakan: " Saya selalu mengatakan pada murid-murid bahwa Yoga bisa dikatakan sebagai "Natural Stimulant". Senam yoga memberikan perasaan hidup dan semangat secara natural, tidak memakai vitamin atau suplemen yang mungkin dapat membahayakan tubuh".

Apabila ditilik kembali, memang hal ini ada benarnya. Dengan senam yoga yang sederhana di pagi hari sebelum kerja, akan memberikan efek reversal pada tulang belakang (spine) setelah tidur malam harinya, sehingga me-aktifkan sirkulasi darah dan memberikan asupan oksigen yang lebih banyak ke tubuh.

Untuk mendapatkan maksimal latihan/senam yoga dipagi hari, cobalah untuk bangun pada waktu matahari terbit. Menurut Ayuverda hal ini akan memberikan energi yang optimal. Tradisi Ayuverdic juga  menganjurkan untuk minum segelas air putih dengan beberapa tetes lemon untuk me-aktifkan pencernaan (digestion). Setelah melakukan 5 posisi yoga ini, duduk dengan santai dan lakukan meditasi sebentar.  "Saya jamin anda akan tenang, energized dan grounded", ujar Lisa Black.



Olah raga yoga adalah suatu bentuk olah tubuh yang berasal dari India, olah raga ini menggabungkan antara unsur gerakan tubuh dengan pernafasan, belakangan ini olah raga yoga telah begitu banyak dikenal dan dipraktekkan hampir diseluruh belahan dunia. Meskipun begitu mempraktekkan olah raga ini sering kali menimbulkan kontoversi bagi para pelakunya karena dianggap sebagai salah satu bentuk ritual agama tertentu bahkan olah raga yoga sempat dilarang untuk dipraktekkan oleh warga muslim dinegara Malaysia.

Yoga berasal dari bahasa sangsekerta kuno yang berarti penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan sang pencipta, yoga sebagai sebuah seni dan ilmu pengetahuan memiliki pengertian yang sangat luas. Sebagai suatu betuk olah raga, yoga juga memiliki banyak jenis, jenis yoga yang banyak dipraktekkan adalah hata yoga, hata yoga ini menggabungkan unsur gerakan dengan pernafasan.

Melakukan olah raga yoga biasanya juga disertai dengan melakukan meditasi, gerakan-gerakan dalam yoga harus dilakukan dengan sempurna untuk mencapai tahap meditasi ini. Meditasi dalam yoga dilakukan dengan duduk bersila dan diam tidak bergerak selama beberapa waktu.

Yoga sebagai bentuk olah tubuh bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa batasan umur tempat maupun waktu. Olah raga ini dipilih karena memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan jenis olah raga lainnya.

Seperti halnya bentuk olah raga lainnya yoga juga bisa memberikan efek positif yang signifikan apabila dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Salah satunya adalah bisa mengobati masalah pernafasan, tekanan darah dan depresi.

Manfaatdan tip's
Kapalbhati merupakan salah satu teknik yoga terbaik dengan segudang manfaat kesehatan.Idenya sederhana, yaitu menghirup napas secara normal, tetapi menghembuskannya dengan keras.
Lakukan latihan ini selama 10 menit dan rasakan manfaatnya dalam beberapa hari.
Kapalbhati pranayama merupakan salah satu jenis yang direkomendasikan. Kapalbhati adalah subkategori dari Pranayama yang tercantum dalam bab 3 dari “Pantajali Yogdarshan”.
Kapalbhati adalah teknik pranayama yang menyegarkan otak dan membangunkan potensi persepsi halus.
Manfaat Yoga Kapalbhati
Berikut adalah manfaat Yoga Kapalbhati:
1. Bekerja pada Pusat Jantung (Anahat Chakra) serta organ lain yang saling berdekatan sehingga meningkatkan respirasi, efisiensi paru-paru dan sirkulasi darah.
Kapalbhati membantu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan wilayah sekitar pernapasan (asma, bronchitis, dll).
2. Bekerja pada Pusat Naval (Manipura Chakra) dan organ terkait dari sistem tersebut.
Kapalbhati mampu menyembuhkan penyakit dan ketidakseimbangan yang berhubungan dengan daerah ini, seperti dispepsia, diabetes, dll.
3. Dari perspektif mental, Kapalbhati Pranayama membantu membuang semua pikiran negatif sehingga membantu menerangi pikiran.
4. Dari perspektif tubuh, Kapalbhati Pranayama bermanfaat untuk mengeluarkan segala penyakit dan kelemahan dari tubuh sehingga meningkatkan derajat kesehatan, vitalitas, dan kekuatan.
Jenis Teknik Kapalbhati
Padmasana adalah asana terbaik untuk berlatih kapalbhati. Setelah duduk pada pose Padmasana, telapak tangan ditekankan pada masing-masing lutut dan luruskan tangan.
Dengan melakukan hal ini kolom tulang belakang menjadi lurus. Selanjutnya, bagian atas dada dan bahu agak ditinggikan.
Tips Yoga Kapalbhati
1. Dianjurkan melakukan yoga Kapalbhati setiap hari di pagi hari sebelum sarapan atau 2 jam setelah makan.
2. Mulailah dengan hitungan 20-30, lalu beristirahat. Rasakan apa yang terjadi. Hal ini sangat tergantung pada keadaan kardiovaskular Anda. Jika masih merasa nyaman, lakukan selama 45 detik hingga satu menit.
3. Duduk dengan kaki menyilang atau dalam pose teratai. Jika duduk di kursi, kedua kaki harus menyentuh lantai.
4. Luruskan punggung, dan biarkan dada terbuka.
Jangan lakukan yoga Kapalbhati Pranayama ketika memiliki penyakit atau kondisi berikut:
1. Penyakit jantung
2. Tekanan darah tinggi
3. Burut (hernia)
4. Serangan asma
5. Kehamilan
6. Haid
7. Baru mengalami operasi di daerah dada
Yoga Kapalbhati Pranayama dapat menyembuhkan:
1. Asma, masalah pernapasan, alergi, sinus, dll
2. Penyakit jantung, paru-paru dan masalah otak.
3. Kapalbhati sepenuhnya menghilangkan sumbatan di arteri dan mengontrol kolesterol.
4. Obesitas, diabetes, perut kembung, sembelit, dan masalah prostat.
5. Penyakit perempuan seperti kista rahim, kista payudara, dan kista ovarium.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar