Rabu, 01 Februari 2012

Masalah dan Permasalahn dan Masalah



Masalah, masalah dan masalah. Siapa yang ingin dalam hidupnya mendapatkan masalah ?! ayo unjuk tangan !! hehehe, dalam hidup sosial, keluarga dan percintaan yang namanya masalah selalu berjalan berbarengan seiring perjalanan hidup kita. Pertanyaannya adalah, apakah masalah itu ada sisi baiknya untuk kita ? apakah masalah itu harus ada dalam hidup kita ?! dan apa yang sebaiknya kita lakukan jika masalah selalu datang tanpa diduga ? Saya pribadi sering mendapatkan masalah, walau terkadang masalah yang kita hadapi tidak seperti kita duga. 

Banyak yang bilang bahwa parameter kedewasaan seseorang adalah bagaimana mereka menyikapi masalah, bukan banyak masalah yang dihadapinya. Yang maha kuasapun tentunya memberi masalah kepada kita agar melatih kita bagaimana kita bisa berpikir aktif dan melihat kemampuan kita menyikapi masalah. Kadang kita tidak sengaja ketika mendapatkan masalah, kata pertama yang keluar adalah kata “Aduh”, “huhff” dan sebagainya. Sebentar, apakah dengan kita mengeluh ataupun marah akan menyelesaikan masalah. Telaah 1 persatu terlebih dahulu masalah tersebut, pasti ada maksud dari tiap masalah. 

Akan tetapi, tidak sedikit orang menganggap bahwa masalah itu adalah  suatu keteledoran kita sendiri dalam kehidupan. Bisa ya dan bisa tidak, mengapa saya bilang ya dan tidak. Ya disini dimaksudkan bahwa, sebagai manusia biasa kita yang terkadang tidak menyadari akan kesalahan menjadi sesuatu yang sangat merugikan. Dan tidaknya adalah bahwa yang namanya masalah seiring berjalan meningkatkan kualitas hidup kita. Parameter seseorang dikatakan sudah bisa menjalani hidup kecakupan lebih luas adalah bukan dari apa dan berapa banyaknya masalah yang dihadapi akan tetapi bagaimana seseorang bisa menyelesaikan masalah itu bagaimanapun caranya selama dia bisa mempertanggung jawabkan semua maksud dari setiap apa yang dia lakukan. Mungkin teman-teman pernah mendengar “Management Conflict”, teman-teman ekonomi pasti pernah mendengar tentang istilah ini. Dalam dunia kerja bisa menjadi contoh, management conflict merupakan suatu konflik yang sengaja dibuat oleh seseorang dalam suatu kantor atau komunitas, dengan maksud ingin melihat kemampuan karyawan atau anggotanya dalam menyelesaikan masalah tersebut. Ada baik dan ada buruknya menurut saya. Disatu sisi kalau masalah itu tidak bisa diselesaikan akan merembet ke masalah2 lainnya yang justru akan bisa menjatuhkan kualitas dari kantor atau komunitas tertentu. Dan baiknya adalah bila bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang sesuai, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas orang-orang yang ada dalam kelompok tersebut 
 
Semoga tulisan ini menginspirasi teman-teman yang mungkin sampai saat ini masih bertanya tentang masalah pada diri kita. Semua masalah akan bisa diselesaikan tentunya dengan Do’a dan bergerak. Berusaha menjadi terbaik adalah impian semua orang, tapi nikmatilah proses teman-teman ketika menuju terbaik tersebut Salam kenal yah teman-teman yang sudah mengunjungi blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar